TANAMAN NANAS : HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN NANAS DAN CARA PENGENDALIANNYA

TANAMAN NANAS : HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN NANAS DAN CARA PENGENDALIANNYA
penyakit utama pada tanaman nanas
Petanilampung.com tanaman nanas (ananas comosus .L) adalah salah satu tanaman yang disukai masyarakat Indonesia, tanamanan nanas mempunyai pertumbuhan/perkembangbiakan yang mudah ,didalam menanam nanas tak jarang petani nanas resah akan hama dan penyakit yang tiba tiba datang dan membuat tanaman nanas rusak/ gagal panen. Berikut adalah cara pengendaliannya :

Baca juga artikel yang terkait :  cara menanam nanas dengan tunas (vegetatif)

  • Hama dan penyakit tanamanan nanas

Lalat buah (atherigona sp)
Hama jenis ini menyerang pada bagian buahnya langsung ,membuah busuk pada daging buah nanas dan kemudian hama lalat menaruh telurnya di bagian yang tadi diserang, telurnya akan menjadi hama larva.

Cara pengendaliannya dengan cara : melakukan penyemprotan insektisida seperti basudin EC, thiodan 35 EC dan meliat dosis petunjuknya. Kemudian lakukan membuang buah yang sudah terserang.

thrips (holophotrips ananasi da costalima)
Hama ini menyerang pada bagian daun dan mnghisap kandungan sel daun nanas yang menyebabkan bitnik bitnik pada daun berwarna perak. Yang akan menyebabkan menghambatnya proses pertumbuhan tanaman nanas.

Cra pengendaliannya : dengan melakukan penyemprotan insektisida seperti dicarol 25SP/ mitac 200EC dengan melihat petunjuk dosis yang tertera pada label/wadah.

penggerek buah (thecla basilides geyer)
Hama jenis ini menyerang pada bagian buah melubanginya dan buah akan mengeluarkan getah dan akan membusuk.wujud hamanya seperti kupu-kupu yang berwarna coklat

Cara pengendaliannya dengan cara : Cara pengendaliannya dengan cara : melakukan penyemprotan insektisida seperti basudin 60 EC, thiodan 35 EC dan meliat dosis petunjuknya. Kemudian lakukan membuang buah yang sudah terserang.

- kumbang (carchopilus hemipterus)
Hama jenis ini menyerang pada tanaman nanas yang akan mengakibatkan busuk yang disebabkan oleh cendawan dan baketri, yang wujudnya seperti kumbang  kecil.

Cara pengendaliannya dengan cara : dilakukan penyemprotan secara berkala dan membersihkan gulma.

- ulat buah (tmolus echinon L)
Jenis hama ini menyerang pada bagian buah seperti hama penggerek buak,yang akan mengakibatkan buah nanas menjadi busuk, yang disebabkan oleh serangga mirip kupu-kupu memiliki warna coklat,ulat,larva.

Cara pengendaliannya dengan cara : dilakukan penyemprotan insektisida

- sisik (diaspis bromeliae kerne)
Hama jenis ini menyerang tamanan nanas pada bagian buah dan daun ,hama ini nyererang dengan cara menutupi buah dan daun, serangganya seperti sebuk putih berukuran kecil, yang dapat mengakibatka buah menjadi kecil.

Cara pengendaliannya : melakukan penyemprotan insektisida seperti curacron 500 EC atau decis 2,5 EC ,cara pemakainnya lihat petunjuk sesuai dosis.


  • Penyakit nanas

- busuk pangkal
Penyeakit ini menyebabkan busuk pangkal batang ,buah, yang bergejala sperti bercak- bercak putih dan busuk lunak. Deisebabkan oleh cendawan thielaviopsis paradoxa. Bisa menular dengan melalui media angina ,air hujan dll.

- busuk akar dan busuk hati
Penyakit ini menyebabkan daun bagian bawah bercak bercak kekuninngan dan menjalar kesemua daun,dapat menyebabkan kematian pada tanaman nanas. Yang disebabkan oleh : cendawan p. cinnamoni rands. dan phytophthora parasitica waterh. Dapat menular dengan media air huajn ,angina dll.

- gulma
Dapat menyebabkan menghambatnya pertumbuhan (kerdil)

Cara mengatasi/pengendalian penyakit tanaman nanas adalah :
-Melakukan penyemprotan fungisida dan insektisida dengan obat yang ditentukan ,secara berkala
-melakukan pembersihan lahan/mejaga kebersihan lahan.
-melakuakn pemantauan pertumbuhannya.

Baca juga artikel yang terkait :


Demikian artikel tentang cara pengendalian hama dan penyakit nanas secara benar, semoga bermanfaat bagi anda salam petani lampung.

0 Response to "TANAMAN NANAS : HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN NANAS DAN CARA PENGENDALIANNYA"

Posting Komentar