TANAMAN KOPI : CARA MENANAM KOPI YANG BAIK DENGAN BIJI

TANAMAN KOPI : CARA MENANAM KOPI YANG BAIK DENGAN BIJI
panduan teknis budidaya kopi
Petanilampung.com Tanaman Kopi adalah komoditas perkebunan yang tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggih. Biasanya kopi ini dibuat minuman dan jaman dahulu kopi dijadikan minuman untuk menambah tenga/energy,dengan rasanya yang pahit dan bisa diolah menjadi minuman yang berbagai rasa sesuai keinginan kita .kopi sudah sangat popular di Indonesia, dan banyak warung warung yang menjual kopi dengan harga murah sampai harga tinggi dengan kualitas yang berbeda, di indonesia penjualan kopi sudah sampai mengekspor keluar provinsi hingga ke luar negri. Banyak petani yang membudidayakannya karena tanaman kopi mudah tumbuh di dearah subtropis maupun tropis. Berikut cara menanam kopi :


Cara menanam kopi yang baik dan benar
- Persiapan bibit
Pilih bibit kopi yang cocok dengan cuaca/iklim dan unsur tanah,biasanya tanah yang cocok ditanamani kopi memiliki unsur keasaman 5-6.5ph. memilih biibt yang berkulitas maksutnya ,pilih yang memiliki indukan bagus tahan hama dan penyakit, memiliki buah yang lebat dll.semua ini menentukan pertumbuhan nantinya.pembibitan bisa kita gunakan dengan cara vegetative(dengan cara menyetek) dan generative(dengan bijinya langsung).

- Persiapan lahan
Pemiihan lahan harus yang mempunyai keasaman tanah 5-6.5ph.sebaiknya tanah ditaburkn pupuk terlebih dahulu lalu gemburkan dengan cara dicangkul/dibajak,rsupaya pupuk tercampu merata kemudin ratakan kembali. Dan tanam pohon sebagi peneduh seperti(sengon,lamtoro) tanaman kopi karena kopi jenis tanaman yang tidak terlalu memerlukan insentitas cahaya penuh lakuakan penanamannya sebelom melakukan penanaman kopi sekitar kurang lebih 4 tahunan.

Penanaman benih
Setelah persiapan lahan siadah siap dan bibit sudah siap ,kita buat lubang terlebih dahulu 2 bulan sebelom menanam bibit kopinya. Dengan dalam lubang sesuai ukuran akar dan batang  dan masukan (belerang, kapur/200 gr/lubang) kemudian tutup dengan tanah dan jarak antar lubang 2,5 x 3 meter,tergantung jenis kopinya. Setelah kopi sudah siap tanam pangkas daun ,sisahkan 1/3 bagian.lubang yang sudah kuta kasih belerang dan kapur tadi kita gali lagi,kemudian masukan bibit kopinya hingga akar tertutupi tanah.

- Perawatan tanaman
Lakukan penyiraman,penyulaman,penyianagn, pemupukan, agar tanaman terhindar dari hama dan penyakit dan tumbuh subur.
 Pengendalian penyakit
Hama dan Penyakit yang sering menyerang tanaman kopi antara lain: penggerek buah kopi(pbko), penggerek cabang kopi, penggerek batang, kutu hijau, kutu putih, karat daun kopi, bercak daun kopi, jamur upas, penyakit akar, nematode, .lakukan pemusnahan tanaman yeng terserang penyakit/lakukan penyemprotan fungisida agar tanaman terhindar dari penyakit.

- Panen dan pasca panen
Biasanya kopi sudah dapat dipanen pada usia 3 tahunan, panen buah yang sudah berwarna merah,pemanenan buah jangan dilakukan terlambat karena jenis kopi ini bisa rontok sendiri ,dan bentuknya bulat2 kecil,jadi agak susah dan lama bila mengambil dibawah pohon/tanah.

Sekian tentang artikel tentang cara menanam kopi unggul,  semoga dengan membaca artikel ini anda dapat pengetahuan dan tau cara menanam kopi.semoga bermanfaat salam petani lampung.

0 Response to "TANAMAN KOPI : CARA MENANAM KOPI YANG BAIK DENGAN BIJI"

Posting Komentar