Kamis, 26 Januari 2017

TANAMAN KAKAO : CARA MENANAM KAKAO YANG BENAR DARI BIJI KAKO

TANAMAN KAKAO : CARA MENANAM KAKAO YANG BENAR DARI BIJI KAKO
Cara Menanam Kakao Yang Baik
Petanilampung.com Tanaman kakao (theobroma cacao L)  adalah sebagai komoditas  pertanian yang dapat hidup didaerah subtropis maupun tropis. dengan buah kakao yang bisa dijadikan macam-macam olahan  yang membuat buah kakao ini banyak peminatnya .Memiliki buah yang nilai harganya yang cukup lumayan tinggi, tak jarang para petani yang menanamnya karena mudah dan menguntungkan, tetapi ada yang harus diperhatikan dalam penanamanya dan perawatnya,karena bisa membuat buah kakao mudah terserang penyakit dan biasanya mongering diponon ,berikut  cara penanamannya agar mendapatkan hasil yang maksimal dan super/lebat :

baca juga artikel terkait : cara menanam jagung lengkap

Cara menanam kakao di kebun
1 memilih bibit kakao yang berkualitas
Ada du acara pemilihan bibit yaitu :
Generatif :  penanaman dengan biji turunan atau biji yang sudah matang/bagus`
Vegetative : pengambilan bibit dengan cara distek dengan memilih batang yang bagus.

Dengan dua cara diatas sebaiknya kita pemilihan bibit melakukan dengan cara vegetative/stek karena hasilnya lebil bagus dan tahan terhadap lingkungan/mudah adaptasi. Setelah melakukan stek bisanya bibit akan ditanaman setelah berumur 5 bulanan yang memiliki batang 8 mm dan tinggi 50cm.
Atau bibit bisa kita beli di petani kakao/coklat yang sudah lama membudidayakannya.

2. pemilihan tanah  dan membuat lubang untuk tanaman kakao
Sebaiknya tanah memiliki unsur hara dengan PH 6-7, dengan unsur tanah yang memilikih PH tersebut maka tanaman kakao dapat bisa tumbuh dengan bagus dan berbuah dengan maksimal. Dan pembuatan lubang bisa berkuran 40 x 40 cm,dengan kedalaman secukupnya dan sebelom melakukan penanaman pada lubang sebaiknya kita beri pupuk kandang/kompos terlebih daahulu,guna untuk memberikan nutrisi pada tanaman.

3. penanaman dan jarak tanaman kakao
Sebaiknya tanaman kakao berjarak kurang lebih 4x4, yang penting ketika pohon kakao tumbuh besar tidak terlalu rungkut dan sebisa mungkin bisa terkena sinar matahari,Dengan menentukan jarak tanaman,pohon kakao akan tumbuh dengan sempurna. Dan lebih bagus menanamnya dengan cara tumpang sari atau dengan adanya pohon-pohon disekitarnya untuk menaungi tanaman kakao yang masih mudah ,seperti(pohon kelapa,sengon,dll). Jika anda menanam kakao dengan bibit vegetative bisa melakukannya dengan cara ,memasukan bibit kakao kedalam lubang sedalam akar yang tumbuh saja . dan jika menanamnya dengan bibit generative, menanamnya terlebih dahulu dibuka polybagnya dan masukan bibit kedalam lubang secukupnya dan tutup dengan tanah yang padat. Setelah melakukan penanaman jangan lupa jaga kelembaban nya dengan melakukan penyiraman tanaman pad waktu pagi dan sore hari.

baca juga artikel terkait : cara budidaya cabai dengan mudah

4. perawatan tanaman kakao
Setelah selesai melakukan penanam hal selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan perawatan pada tanaman kakao ,supaya terjaga kesehatanya,tahan terhadap penyakit.berikut langkah-langkahnya :
Penyiraman : lakukan setiap hari 2x sampai selama tanaman bisa hidup sendiri/kuat dengan lingkungan sekitarnya
Penyiangan : lakukan seminggu sekali secara rutin ,supaya tidak menghambat pertumbuhan tanaman kakao.
Pemupuka : lakukan pemupukan sebulan minimal 1 kali dengan pupuk TSP atau pupuk kandang.
Penyemprotan: gunanya untuk menghindari dari serangan hama dan penyakit yang menyerangnya.
Pemangkasan : lakukan tanaman yang sudah berumur/sudah memiliki banyak cabang , pangkas yang kira-kira rantingnya jelek.

5. pemanenan kakao/coklat
Jika sudah melakukan penanaman  ,perawatan dan tanaman berbuah siap untuk dipanen dengan ciri ciri buah yang sudah matang adalah buah kakao memiliki warna hijau waktu masih mudan dan warna kuning kenerah merahan sudah matang dan jika di cicipi biji kakao terasa manis, lakukan pemetika pada buah yang sudah matang dengan cara dipetik dengan tanagan atau dengan alat sebagainya.

Baca juga artikel terkait :


Demikianlah tahapan tahapan cara penanaman bibit kakao/coklat sampai melakukan pemanenan,semoga dengan membaca artikel ini diharap anda mengerti tentang cara menanam kakao yang benar. Semoga bermanfaat salam petani lampung.

2 komentar

Sayang banget di daerah saya kurang peminatnya untuk menanam kakao

knapa emg gan ,faktor tanahnya atau memang gak ada bibit kakaonya, padahal kakao lumayan menghasilkan untuk para petani

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon