Minggu, 15 Januari 2017

Jenis dan varietas tanaman padi (Hibrida,Unggul,Lokal)

Jenis dan varietas tanaman padi (Hibrida,Unggul,Lokal)
jenis jenis padi varietas unggul
Petanilampung.com Tanaman padi Disebut juga dengan (oryza sativa.L) yang sudah menyebar kemana mana termasuk di Indonesia. Padi salah satu family rumput - rerumputan(poaceae). Meiliki karbohidrat yang tinggi,menjadikan tanaman padi menjadi makanan pokok bagi kita, tak heran padi sudah menyebar luas disemua penjuru karena tanaman ini mudah beradaptasi dan mudah pertumbuhannya.

Baca juga artikel terkait : cara menanam padi lengkap

Padi sendiri banyak jenis-jenisnya tapi kikelompokan menjadi 3 yaitu:

Jenis jenis varietas bibit padi
- Varietas padi hibrida
Adalah salah satu hasil percobaaon seseorang dengan memadukan dua atau lebih suatu jenis padi yang berbeda indukannya. Yang akan menghasilkan suatu padi yang baru . dimasyarakat sendiri(dikalangan petani) jenis varietas padi hibrida masih sering dibicarakan atau memiliki masalah tentang kelemahan dan keunggulan yang dihasilkan varietas padi hibrida tersebut.

Jenis jenis padi hibrida pun ada berbagai macam antara lain yaitu : intan 1, intan 2, rokan, Adirasa1,Adirasa 64,H1,PP1,segera anak sembada B3, Sembada B9,SL 8 dan SI 11.

Suatu jenis padi mempunyai kelemahan dan kelebihannya yaitu antara lain :
Kelemahan padi hibrida yaitu :  memiliki harga yang sangat mahal dibandingkan jenis varietal local yaitu harga padi hibrida (40.000-45.000/kg) dan selain itu jenis padi ini tidak bisa ditanaman lagi atau diambil keturunannya karena tidak akan sebagus yang sebelumnya/induknya( satu kali penanaman ). Sedangkan kelebihan padi hibrida yaitu : dapat menghasilkan 2 kalilipat dari padi local yaitu mampu menghasilkan 10-12 Ton/ha, dan memilki butiran biji yang bagus ,kalo dimasak pun menghasilkan nasi yang pulen dan wangi.

- Varietas padi unggul
Adalah salah satu hasil percobaan sesorang yang memadukan/hasil persilangan dari padi local unggulan yaitu varietas padi IR dengan Ceheran yang akan menghasilkan padi unggul.

Jenis jenis padi unggul pun ada berbagai macam antara lain yaitu : ciherang,IR-64,Cidasane,Cobogoh dll.

Jenis varietas padi ungul memilki kelebihan antara lain: bisa ditanam ulang atau berkali-kali, mampu menghasilkan padi sampai 8-10 ton/ha dan harganya pun murah tidak semahal padi hibrida, yaitu harganya cuman 50.000-10.000, an/kg. hasilnya tidak kalah dengan padi hibrida.

- Varitas padi lokal
Jenis padi ini memiliki kelebihannya dan kekurangan pada setiap daerahnya ,sulit beradaptasi atau beradaptasinya lama ,bisa ditamanan berulang –ulang  tanpa mengurangi hasil sebelumnya.
Mampu menghasilkan 7-8ton/ha,tak jarang petani menanam jenis padi ini karena memiliki malai yang pendek dan rasanya kurang enak.

Jenis jenis padi lokal pun ada berbagai macam antara lain yaitu : gropak (kulon progo-jogya),indramayu,dharma ayu,srimulih dan andel jaran.

Baca juga artikel terkait

Demikian artikel saya tentang jenis jenis varietas padi sawah ,semoga bisa menjadi pengetahuan bagi anda untuk mengenal jenis jenis padi, semoga bermanfaat salam petani lampung.

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon