Minggu, 15 Januari 2017

Hama dan penyakit timun dan cara pengendaliannya

Hama dan penyakit timun dan cara pengendaliannya
Hama dan penyakit pada tumbuhan mentimun
petanilampung.com Tanaman timun sering kali petani resah akan hama penyakit pada tanaman timun ,tanaman timun yang sudah susah-susah dirawat  agar memiliki pertumbuhan dan berbuah yang bagus tetapi hama dan penyakit timun sering datang dengan tiba-tiba ,tak heran ada petani timun yang gagal panen karena hama/penyakit yang membandel.
Faktor ini lah yang membuat para petani bingung cara mengendalikannya,tak banyak petani yang tau bagaimana si cara pengendaliannya,cara merawatnya,cara mengatasinya,cara menanam timun yang benar , naahhh pada artikel ini saya akan menjelaskannya tentang hama dan penyakit timun:

baca juga artikel yang terkait : cara menanam timun lengkap

Hama dan penyakit tanaman timun

  • Hama tanaman timun
- ulat tanah (agrotisiplon)
Jenis hama ini lumayan berbaya ,pada usia tanaman timun masih muda sanagat rentan, hama ini menyerang pada bagian batang ,dan dapat menyebabkan kematian pada tanaman.
Cara pengendaliannya dengan melakukan penyemprotan dengan insektisida brbhan aktif, melakukan sanitasi pada lahan,bisa juga dengan melakukannya pemangkasan/pembuangan batang pada bagian yang terserang hama tersebut.

- kutu kuya (aulocophora similis oliver)
Jenis hama ini menyerang terutama pada bagian daun. Membuat becak-bercak kecil hingga daun menguning, dan memakan daun menyebabkan daun berlubang dan layu bahkan mati.
Cara pengendaliannya bisa kita lakukan dengan melakukannya penyemprotan tanaman timun secara merata menggunakan insektisida (natural BVR),bisa kita beli di toko pertanian, selanjutnya bisa juka kita lakukan sanitasi lahan(kebun).

- kutu daun (aphsgossypii cover)
Jenis hama ini sering menyerang tanaman timun ,terutama pada bagian daun. Dapat menyebabkan daun kriput ,sampai daun mongering.
Cara pengendaliannya  adalah dengan melakukan pemberian zat fungisida secara merata sebelum penanaman ,bisa juga dengan pemberian herbisida,

- lalat buah (dacuscucurbitae coq)
Jenis hama ini yang sering menyerang tanaman timun ,terutama pada bagian buahnya, hingga menyebabkan buah menjadi busuk dan berjatuhan/rontok.
Cara pengendaliannya dilakukan penyemprotan hebisida atau insektisida (natural metilat) hingga merata dan lakukan secara seminggu sekali, pembersihan gulma dan pembuangan buah yang busuk/yang sudah terserang hama tersebut.

  • Penyakit tanaman mentimun
- bercak daun
Penyakit ini menyerang pada bagian daun membuat daun menjadi menguning sampai kecoklatan dan mongering. Penyebanya :cendawan pseodomonas.

- busuk daun
Jenis penyakit ini dapat menyebabkan bercak pada daun dan daun berubah menguning ,mudah berjamur, hingga daun akan membusuk /tanaman mati jika telat malukukan pengendaliannya. Penyebabnya adalah pseudoperonospora

-antraknose
Penyakit jenis ini menyerang pada bagian batang tangka dan buah timun ,hingga menyebabkan menguning hingga tanamn mati. Penyebabnya adalah cendawan colletotrichum

- penyakit embun tepung (powdery mildew)
Penyakit ini menyebabkan daun dan batang menjadi ada serbuk-serbuk putih seperti tepung, menyebabkan pohon terhambat pertumbuhannya (kerdil). Penyebbnya adalah erysiphe cichoracerum.

- busuk buah
Penyakit ini menyerang pada buah timun yang masih mudah dan menjadi busuk,berjatuhan. Penyebabnya adalah cendawan rhizoupus dan lainnya.

- kudis
Penyakit ini menyerang pada bagian buah ,membuat bercak-bercak kecil pada buah dan buah menjadi menguning dan mengeluarkan cairan. Penyebabnya adalah cendawan cladosporium cucumerinum.

- virus
Penyakit ini menyebabkan bercak-bercak pada permukaan daun menjadi hijau tua dan mudah, dan memperlambat pertumbuhan tanaman. Penyebabnya adalah cendawan cucumber mosaic virus

Cara pengendaliannya penyakit pada timun bisa kita lakukan dengan melakukannya :
- melakukannya sanitasi lahan atau kebun timun dan membersikan gulma.
- melakukan penyemprotan fungisida atau insektisida menggunakan bahan aktip secara merata pada tanaman dan berkala.lakukan sesuai petunjuk sesuai dosisnya
- pemangkasan ranting pada bagian yang terserang penyakit

baca juga artikel yang terkait : 


Demikian artikel tentang pengendalian hama dan penyakit pada tanaman mentimun , pada pengendaliannya harus dilakukan secara berkala biar hasilnya maksimal,semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi pengetauan abgi anda,semoga bermanfaat salam petani lampung.

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon