Senin, 16 Januari 2017

Cara Menanam Nanas Menggunakan Tunas Buah | Mahkotanya (vegetative)

Cara Menanam Nanas Menggunakan Tunas Buah | Mahkotanya (vegetative)
Cara menanam nanas agar cepat berbuah
Petanilampung.com Tanaman nanas  (ananas comosus) adalah salah satu  komoditi perkebunan yang pertumbuhanya dengan mudah dan banayak hidup didaerah tropis. Nanas berasal dari  amerika latin dan sekarang sudah menyebar  di penjuru dunia sampai ke Indonesia. Diindonesia tanaman nanas sudah tumbuh banyak,dan para petani sudah banyak yang membudidayakanya, karena budidaya nanas terbilang mudah ,buah nanas mempunyai ciri ciri mempunyai warna hijau(masih mudah) dan kuning (ketika sudah matang), bebentuk lonjong,daun berduri. Buah nanas biasanya juga digunaka sebagai pembuatan kueh,makanan maupun masakan, seperti : dibuat selai,bahan rujak,sebagi pelunak daging bagi anda yang masih bingung dengan cara menanam nanas  berikut penjelasanya :

baca juga artikel terkait : jenis jenis nanas yang anda harus tau

cara menanam nanas yang baik dan benar
- Pemilihan bibit nanas
Pembibitan nanas harus memilih bibit yang unggul,karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan buah nanas, dan memilih indukan yang bagus gunanya mampu bertahan dalam serangan hama dan penyakit dan menghasilkan produksi yang memuaskan, Pembibitan bisa dilakukan dengan dua cara yaitu :

Generatif : pembibitan nanas dilakukan dengan biji nanas.
Vegetative : pembibitan dilakukan dengan menggunakan tunas nanas.
Para petani pembibitan biasanya sering melakukannya dengan cara vegetative dengan stek batang, tunas batang, tunas buah, tunas akar, mahkota akar.

- Persiapan lahan tanaman nanas
Penanam nanas bisa dilakukan dengan tanpa olah tanah(TOT) ,tapi lebih bagusnya lahan /tanah kita gemburkan terlebihdahulu dengan melakukan pembajakan atau dicangkul. Setelah itu tabuk pupuk kandang secara merata.

- Cara menanam bibit nanas
Sebelom melakukan penanaman buat lubang selebar 25x25cm dan dalam 10cm/secukupnya.setelah itu masukan bibit nanas kedalam lubang dengan posisi tegak keatas dan tututp lubang dengan tanah kembali dan padatkan tanah supaya tidak mudak ambruk. Setelah penanam selesai lakukan penyiraman tanaman nanas pada waktu spagi dan sore hari sampai tanaman berakar dengan kuat.

- Perawatan tanaman nanas
Hal yang harus dilakukan dalam perawatan adalah pantau tanaman nanas sesering mungkin ,jika ada rumput yang tumbuh disekitar tanaman lakukan pendangiran(penyiangan),supaya tidak menghambat pertumbuhan pada tanaman nanas. Kemudian lakukan pemupukan setelah usia tanaman 2 – 3 bulan dengan menggunakan pupuk TSP 60kg/HA, ZA 100kg/ha dan KCL 50kg/ha, bisa juga menggunakan pupuk kandang jika usianya sudah 6 bulan, dan lakukan pupuk susulan 3 bulan sekali.

- Hama dan penyakit tanaman nanas
Untuk cara pengandalian hama dan penyakit pada tanaman nanas bisa kita lakukan dengan menyemprotkan fungisida seperti memakai  :imidakloprit, micat, bulldog, spontan dengan melihat dosis yang tertera pada petunjuknya.

- Panen buah nanas
untuk melihat buah nanas sudah masak/matang apa belom bisa kita liat dengan ciri ciri berikut : biasanya mahkota pada buah nanas sudah terbuka, mata yang lebih mendatar,berwarna kekuningan, dan ketika buah nanas dibelah berbau harum dan berwarna kuning, biasanya pemanenan nanas dapat dipanen setelah tanaman berusiah 12 bulan. Pemanenan dapat dilakukan dengan melakukan pemotongan pada bagian  tangkai buah memakai golok atau pisau.

Baca juga artikel terkait :
Demikian artikel yang dapat saya tulis semoga dengan adanya ini diarapkan bagi yang baru pemula bisa mengerti tentang cara menanam nanas dengan muda,selamat mencoba semoga bermanfaat salam petanilampung.

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon