Selasa, 06 Desember 2016

cara menanam tomat lengkap

Cara Menanam Tomat Pemula

cara menanam tomat lengkap
cara menanam tomat lengkap
Petanilampung.com mksih sudah berkunjung ke blog saya, sebelomnya saya sudah menjelaskan jenis jenis tomat. Tomat adalah jenis tanaman yang tumbuh keatas memimiliki banyak cabang, berdaun hijau, berbuah bulat berwarna hijau dan merah. tanaman tomat dapat tumbuh didataran rendah maupun dataran tinggi 0-1500 meter dpl, tomat berasal dari amerika tengah dan selatan ,tetapi di Indonesia sudah banyak dibudidayakan oleh petani, jika anda belum Tau cara menanam tomat berikut saya  jelaskan cara menanam tomat :


CARA MENANAM TOMAT TANPA OLAH TANAH

  • Persiapan benih


Langkah petama kita harus memilih benih terlebih dahulu ,memilih benih harus sesuai dengan keadaan iklim dan lahan ,sesuaikan memilih bibit untuk dataran rendah dan tinggi, bibit bisa kita dapatkan ditoko pertanian.

  • Penyemaian benih


Setelah sudah menyiapkan benih sebaiknya kita lakukan penyemaian terlebih dahulu,gunanya bibit yang melalui penyemaian dapat tumbuh kuat. Cara penyemaianya dengan cara ,buat bedengan ukuran 1 meter panjang sesuai banyak biji, kemudian gemburk dengan tanah dan ratakan taburkan benih keatas bedengan dengan jarak 5cm,gunanya jika sudah tumbuh pohon papaya mudah dicabutnya, setelah itu diatasnya diksih pelepah pisang, supaya bisa terjaga kelmbabannya, setelah sudah mulai tumbuh ,pelepah pisangnya kita singkirkan .
jika bibit sudah berdaun 4- 5 helai bisa kita tanam kelahan langsung atau sebaiknya kita tanam ke dalam polybag dahulu gunanya batang dan akar tanaman lebih kuat dan mudah beradaptasi.

  • Persiapan lahan


Pilih lahan dengan tingkat keasaman tanah 5-7 ph. Jika tanah kurang dari yang ditentukan ,lakukan pengapuran  tanah untuk menaikan tingkat keasamannya. Kemudian lakukan penggemburan tanah, sebelumnya sudah kita taburkan pupuk kompos/kandang terlebih dahulu setelah itu cngkul/dibajak supaya tanah tercampur dengan pupuk tersebut secara merata.
Kemudian bentuk bedengan dengan lebar 1 meter tonggi 40cm panjang sesuai lahan. Jarak antar bedengan 50cm.

  • Penanaman bibit tomat


Lakukan pembuatan lubang terlebih dahulu dengan kedalam sesuai batang bibit, dan jarak antar bibit 50cm. lalu bibit yang sudah siap tanam kita masukan kedalam lubang ,dengan cara sobek polybadnya/kita lepas, kemudian masukan sampai akar tertutp denggan tanah.

  • Perawatan tanam tomat


Dalam melakukan perawatan tomat dapat kita lakukan dengan cara :

  1. Penyulaman : mengganti bibit yang rusak/mati dengan bibit yaru dan sehat
  2. Penyiangan : penyiangan dilakukan gunanya untuk membersihkan gulma/rumput yang ada diskitar pohon ,supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman tomat
  3. Pemangkasan : pemangkasan gunanya untuk mengendalikan tunas yang tumbuh di ketiak daun agar tidak tumbuh menjadi batang, bisa dengan cara memotongnya dengan gunting. Dan pemngkasan juga bisa dilakukan untuk mengatur ketinggian tanaman dengan cara memangkas ujung tanaman yang sudah berbuah.
  4. Pemupukan : gunanya untuk menyuburkan tanah dan mempercepat pertumbuhan, dengan melakukan pemupukan sesuai yang ditentukan.


  • Penyiraman dan pengairan


Pengairan dilakukan jika lahan memang kering dan melakukan pengairan jangan sampai berlebihan, karena tanaman tomat tidak terlalu membutuhkan air tetapi juga memerlukan air yang cukup.

Pemasangan ajir : pemasangan ajir/lenjeran(bambu ) gunanya untuk membantu tanaman tomat tumbuh keatas supaya tidak roboh karena keberatan menahan buahnya, lenjeran ditancapkan disampimg pohon dengan jarak 10cm dari batang tanaman agar akar tidakrusak ,kemudian batang bagian atas ikat dengan tali jangan kencang- kencang supaya tidak mengganggu pertumbuhannya.

  • Pengendalian hama dan penyakit


Tanaman tomat sering sekaili terserang hama dan penyakit antara lain : lalat putih, ulat buah,  lalat buah, kutu daun tipis, tungau, bercak daun, penyakit layu, nematode, bercak coklat, busuk daun dan busuk buah. Pengendaliannya bisa dilakukan dengan cara  penyemprotan fungisida dengan pestisida.

  • Panen dan pasca panen


Pemanenan dapat dilakukan ketita buah berwarna kekuning kuningan ,dan biasanya umur sudah 70-90 hari setelah tanam . pemanenam dapat dilakukan dengan cara memtik buahnya ,pemanenan diharapkan dilakukan pada waktu sor hari, supaya buahnya tidak layu dan tanamannya pun tetap berbuah dan pemanenan dilakukan setiap 3 hari sekali.

Demikian artikel yang saya tentang Cara Menanam Tomat Yang Bagus ,selamat mempraktekan semoga sukses salam petani lampung.

4 komentar

kebetulan banget, dari kecil saya suka bercocok tanam, pernah dimarahin ortu gara2 pekarangan rumah jadi kebun wkwk

coba share artikel cara menanam cabe dong gan kan harga cabe lagi mahal

udah gan ,coba liat menu diatas gan ,udah saya posting,
makasih udh berkunjung kesini

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon