Senin, 05 Desember 2016

cara menanam pepaya yang benar

Cara Menanam Pepaya Pemula

cara menanam pepaya yang benar
cara menanam pepaya yang benar
petanilampung.com masih berkunjung ke blog saya, artikel saya kali ini ingin membagikan tentang cara menanam pepaya, sebelumnya  saya sudah membuat tentang jenisjenis papaya .apa sii pepaya ituu ??? Papaya (carica papaya L) adalah tumbuhan yang berasal dari mesiko dan sudah menyebar kepenjuru dunia, aslah satunya tanaman papaya sudah di budidayakan di Indonesia untuk dikonsumsi maupun untuk dijual/ekspor. pepaya pada umumnya tidak memiliki cabang karena papaya tumbuh tegak lurus mencapai tinggi  3 meter, berakar tunggal.bentuk buah papaya  lonjong dan panjang,wktu mudah berwarna hijau dan watu tua/masak berwarna kuning,papaya mengandung vitamin A.buah papaya juga baik untuk pencernaan. Daunnya juga bisa untuk lalapan. pepaya mampu hidup didataran rendah maupun tinggi,dengan ketinggian 1000 dpl. berikut cara menanm papaya :

CARA MENANAM PEPAYA DENGAN MUDAH


  • pemilihan bibit


Agar menghasilkan tanam tumbuh yang sehat dan menghasilkan buah yang lebat. anda ingin membuat bibitnya sendiri anda harus memilih benih/bibit papaya yang bagus dengan kriteria kriteria sbb: 

  1. Pilih indukan yang berusia sudah 8 bulanan yang sehat dan tahan terhadap perubahan cuaca/iklim
  2. Pilih indukan yang berbuah lebat dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit.
  3. Pilih buah yang benar benar sudah tua/ masak daripohonnya langsung, kemudian belah dan ambil isinya yang berwarna hitam saja,yang berwarna hitam semu semu ptih kita singkirkan.jangan ambil biji dari pangkal buah, ambil biji bagian tengah hingga ujung.
Kemudian kita keringkan biji yang sudah kita pilih tadi ,jemur dibawah trik matahai 7- 8 jam,an sampai kering. Atau bibit juga bisa kita dapatkan dengan membelinya ditoko pertanian.

  • Penyemaian benih papaya


   Sebelum dilakukannya penyemaian benih papaya kita rendam terlebih dahulu dengan air hangat dlam satu malam, gunanya untuk mempercepat proses benih menjadi kecambah, buang biji yang mengapung karena sudah pasti biji itu tidak bisa tumbuh. Setelah selasai perendaman siap kan pembungkusnya bisa kita gunakan kaos dalem yang sudah tidak dipakai, lalu kaos dalem yang sudah tidak kita pakai atau yg mau kita pakai untuk wadah benihnya kita basahi dengan air kemudian benihnya kita tebarkan diatas kaos itu.

   Kemudian setela selesai penebaran, atasnya kita kasih kain atau kertas Koran. gunanya untuk menjaga kelembaban ,kemudian taruh ditempat yang terdapat sinar matahari.tunggu hingga 10 harian benih akan berkecambah.

   Setelah berkecambah kita pindahkan benih yang sudah berkecambah  kedalam polybag, dengan cara kita menyiapkan polybad, tanah dan pupuk kandang. Kemudian campur tanah dengan pupuk kandang sampai merata dan masukan kedalam polybad.setelah sudah selesai memasukan media kepolybag kita tinggal masukan/pindai benih tadi yang sudah berkecambah kedalam polybad ,satu polybag cukup 1 benih kemudian tutup dengan tanah kembali kemudian taruh ditempat yangterkena sinar matahari. selama penyemain lakukan penyiraman pagi dan sore hari.

  • Persiapan lahan dan penanaman bibit papaya


Sebelum melakukan penanam ,lahan yang kita mau tanami papaya sebaiknya kita taburkan pupuk kandang secara merata den lakukan  penggemburan tanah terlebih dahulu dengan cara dicangkul atau dibajak dengan kedalam 20-30 cm. setelah itu ratakan tanah dan buat bedengan dengan tinggi 30 – 40cm dan lebar 2meter dan panjang sesuai lahan,jarak antar bedengan 60 cm.kemudian jarak antar tanaman 2x2 meter dan buat lubang untuk penanaman bibit yang sudah siap tanam ,dengan dalam 50cm lebar 40cm,kemudian bibit yang sudah siap tanam atau umur 2 bulanan ,masukan kedalam lubang tersebut dan tutup kembali dengan tanah. Setelah pemindahan bibit polybad ke lahan sudah selesai.lakukan penyiraman secara teratur pada waktu sore hari selama satu bulan setengah.


  • Perawatan budidaya papaya


Lakukan penyulaman jika terdapat pohon yang kurang bagus,mati,atau pohon jantan,,sebaiknya ganti bibit dengan yang baru supaya pohon bisa sama rata,lakkan penyulaman pada usia tanaman setelah dipindahkan satu bulanan.
Pemberian pupuk harus dengan dosis yang benar dengan pupuk urea 35gr,sp-36 40 gr, ZA 40 gr, dan KCI 20gr perpohon,lakukan pemupukan pada usia 15 hari ,dan pemberian pupu selanjutnya kita tambahkan dosis perpupuk 10gr dan lakukan pemupukan lagi pada usia I bulan, 4 bulan, 6 bulan.dan pada pemupukan ke 6 bulan ,jika ingin melakukan pemupukan lagi jangan menambahi dosis lagi,cukup seperti dosis yang seperti pada pemupukan bulan ke 6.


  • Panen dan pasca panen


Pemanenan jika anda ingin menjualnya ketempat yang jauh sebaiknya pemanenan dilakukan ketika buah sudah ditandai ada garis kuningnya jangan memetik yang sudah matang,karena pada waktu perjalanan jauh buah bisa busuk,lakukan pemetikan dengan cara agak dipuntir dan lakukan pemanenan 1minggu sekali.

Demikian artikel saya tentang Cara Menanam Pohon Papaya Dengan Mudah. semoga bermanfaat salam petani lampung

2 komentar

jika cara cara diatas dilakukan dengan benar cepet tumbuhnya sob,

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon