Kamis, 03 November 2016

jenis jenis jagung unggul

Jenis Jenis Jagung Di Indonesia
jenis jenis jagung unggul
jenis jenis jagung unggul
petanilampung.com artikel kali ini saya akan membagikan jenis-jenis jagung unggulan ,sebelumnya saya sudah membuat cara menanam jagung supaya panen 2x lipat.jagung merupakan salah satu komoditas perkebunan ,jagung cukup tidak asing dikalangan petani, dahulu jagung adalah salah satu makanan pokok,yang kaya karbohidrat,di indonesia ada banyak jagung ,berikut jenis jenis jagung antara  lain:

JENIS JENIS JAGUNG BERKUAILITAS

Jagung pod (pod corn)

Jagung pod pertama kali ditemuka di uruguay dan paraguay(amerika selatan)  jenis ini merupakan jenis yang langkah/pimitif.ciri-ciri jagung ininantara lain:bagian buahnya ditutupi oleh glume/klobote sehingga bijinya tidak terlihat.jenis ini tidak dibudidayakan diindonesia,karena jenis jagung ini kurang menguntungkan dan bibitnya susah didapat.

Jagung ketan atau berlilin(waxy corn)

Jenis ini ditemukan pertama kali diwilayah asia. kebanyakan jagung ini di indonesia dijadikan untuk pakan ternak,  dijadikan sebagai pengganti tepung tapioka dan juga dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk pelekat.karena mengandung kadar amilopektin yang tinggi,ciri-ciri jagung ini antara lain : bijinya berwarna jernih/putih dan mencolok ,lengket.

Jagung gigi kuda(dent corn)

Jagung jenis ini banyak kita jumpai di wilayah barat(meksiko utara).di indonesia sendiri pun jarang membudidayakan karena tidak cocok dengan suhu dan hama bubuk,jagung jenis ini sebagian besar dijadikan pakan ternak dan dikonsumsi.ciri-cirinya antara lain : batangnya tegak,dan mempunyai lekukan di bagian tengah biji,berumur lama,bijinya berukuran besar,mempunyai berat 450 gr,jika dikeringkan bijinya akan mengkerut.

Jagung mutiara (flint corn)

Jagung ini sudah banyak dibudidayakan diindonesia .karena tahan terhadap penyakit dan usia jagung ini cukup lama dan cepat beradaptasi dimusim tropis dan subtropis. jenis jagung ini dapat dijadikan sebagai pakan ternak(ayam,bebek, enthok, dll). Diwilayah amerika serikat juga bayak ditemukan jenis jagung seperti ini.ciri-ciri jagung ini antara lain : ukurannya lebih kecil, bentuknya bulat, warnanya bermacam-macam,kuning dan agak kemerahan, licin,keras dan mengkilap,jika kering tidak mengkerut.


Jagung berondong (pop corn)

Jagung ini terdapa 2 jenis yaitu rice popcorn dan pear popcorn,memiliki bentuk biji yang bulat sedangkan rice popcorn memiliki bentuk biji pipih dan meruncing.jenis jagung ini banyak dibudidayakan didunia salah satunya diindonesia karena jagung ini bahan pembuat popcorn yang sering kita makan, jagung berondong(popcorn) mempunyai ciri-ciri sabagai berikut : bijinya kecil-kecil, endosperm banyak mengandung kadar air,sehingga dilakukan pemanasan biji ini mengembang, membesar dan pecah.

 Jagung manis (sweet corn)

Jenis jagung ini sudah sangat terkenal di indonesia .dengan rasanya yang sangat manis dan bibitnya mudah didapat jagung ini pemnbudidayaanya sangat cepat sehingga menjadi jagung yang berkualitas ekspor.ciri-ciri jagung manis antara lain: buahnya tidak terlalu besar , memiliki biji yang jernih, buahnya ditutupi dengan serabut /rambut berwana putih.jenis ini mengandung zat gula yang sangat tinggi,penanaman sampai usia panen memerlukan 70-80 hari.


Jagang tepung (flour corn)

Jenis jagung ini banyak dibudiddayakan diwilayah barat(amerika selatan) pada wilayah colombia,afrika dan peru.jagung tepung(flour corn) digunakan sebagai pembuat tepung maezena , karena mempunyai ciri-ciri :kebanyakan bijinya mengandung pati yang berupa tepung dan lunak.

Jagung hibrida varietas

Jagung jenis ini beda dengan jenis lainnya karena satu kali tanam tidak bisa bijinya kita taman lagi karena bisa beda hasilnya ,harus beli ditoko pertanian,jagung ini sekali panen bisa mencapai 10-12 ton per Ha.penanaman ini membutukan perkawinan silang ,induk jantan dan intuk betina .jenis jagung ini memiliki harga yang cukup fantastis yaitu 25 – 45 kali lipat.


Jagung komposit

Jenis jagung ini dikenal juga sebagai jagung lokal.ciri-ciri jagung komposit antara lain: buahnya memiliki pnjang 15-20 cm,biji berwarna kuning.jenis ini tahan terhadap penyakit ,umurnya pendek dan bijinya bisa di tanam berulang-ulang.jagung ini sekali panen mencapai 3.5 – 6.5 ton/ha,,sekarang jarang petani menanam jagung ini,dikarenakan penghasilannya kurang banyak.

Jagung bisi 2

Jagung jenis ini memiliki ciri-ciri: panjang buah 20-25 cm,satu pohon memiliki 2 buah,jagung ini yang sering petani tanam,karena sekali panen benghasilkan jumlah banyak.jenis jagung ini petani tidak bisa buat malainkan diproduksi oleh multi nasional.

Demikian artikel saya tentang Jenis Jenis Jagung Super .semoga bermanfaat salam petanilampung.

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon