Kamis, 17 November 2016

hama dan penyakit tanaman jagung dan cara pengendaliannya

hama dan penyakit tanaman jagung dan cara pengendaliannya
pengendalian tanaman jagung sukses
petanilampung.com artikel kali ini saya akan membagikan cara mengatasi penyakit jagung,sebelumnya saya sudah membuat cara menanam jagung lengkap.jagung merupakan salah satu komoditas perkebunan ,penanaman yang mudah dan harga jagungnya cukup normal,  sehingga dapat menjadi sumber pendapatan petani. Dalam menanam jagung ada beberapa kendala yang dihadapi, khususnya dalam peningkatan produktivitas dan kualitas yang dihasilkan dengan bahan tanaman yang tidak berasal dari klon atau biji yang terpilih, serta serangan hama/penyakit tanaman.di indonesia merupakan salah satu daerah penghasil jagung,berikut macam-macam penyakitt jagung dan cara menanganinya :

  • Hawar daun (helmithosporiumtucicum)
hama dan penyakit tanaman jagung dan cara pengendaliannya

Penyakit ini terjadi pada area daun  yang sudah tua dan bisa menular ke daun lainnya ,wujudnya membentuk bercak kecil berbentuk oval lalu membesar membentuk elips dan berwarna semu coklat.hawar memiliki panjang sekitar 2 - 12 cm,penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pertumbuhan jagung dan juga dapat mengakibatkan kematian pada tanaman .penyakit ini disebabkan oleh cendawan helminthosporiumturcicum.penanganya dapat dilakukan dengan cara mematikan tanaman yang sudah terkena penyakit tersebut /cabut pohon jagungnya,atau lakukan penyemprotan fungisida secara berkala dengan menggunakan zat aktif dithiocarbamate atau mancozeb atau juga bisa menggunakan cendawan antagonis trichoderma viride. 

  • Busuk pelepah (rhizoctonia)
Pada penyakit ini terjadi pada bagian pelepah dan paling sering tejadi pertama kali pada bagian pelepah yang bawah(yang dekat dengan tanah) kemudian menular ke pelepah lainnya,gejala penyakit ini pelepah menjadi berubah warna kemerahan dan lama-lama menjadi abu-abu menjadi sklerotium(tak beraturan),dan berubah warna menjadi coklat.penanganan dapat dilakukan dengan cara penyemprotan fungisida berbahan aktif mancozeb,menggunakan varietas tahan,drainase yang berfungsi baik,pemupukan yang stabil,terkena cahaya matahari.

  • penyakit bulai (perono sclerospora maydis)
penyakit ini terjadi pada pohon jagungnya , pohon terserang penyakit ini pada usia muda (umur 1-2minggu) dapat menyebabkan gagalnya pertumbuhan (kerdil)tidak bisa tumbuh dan seluruh daun berklorosis efek penyakit ini pohon jagung tidak dapat buah atau mati. penyakit ini disebabkan oleh (cendawan perono sclerospora). penanganan dapat dilakukan dengan cara ,biji yang mau ditanam sebelunya dilapisi bahan kimia berbahan aktif metalaksin,cara ini disebut juga dengan istilah (seed treathment)


  • busuk tongkol
hama dan penyakit tanaman jagung dan cara pengendaliannya

busuk tongkol ada 3(tiga) macam yaitu busuk tongkol(fusarium),(diploodia),(gibberella).
Dampak penyakit ini biji tongkol jagung berwarna merah,menyebabkan biji berubah menjadi coklat,kisut dan pada akhirnya busuk. penanganannya dengan cara menanam varietas tahan, pergiliran tanaman, pemupukan seimbang.

  • Busuk batang
hama dan penyakit tanaman jagung dan cara pengendaliannya

penyakit ini menyerang pada bagian batangnya,penyakit ini disebabkan oleh adanya serangga ,air hujan  yang sering terjadi, dan jarang terkena cahaya matahari. penyakit busuk batang ini disebabkan oleh 8 cendawan yaitu cendaawan marchophomina phaseolina,fusarium moniforme,phytium apanidermatum,diplodia maydis,gibberella zeae,cephalosporium maydis, cephalosporium acremonium dan collectotrichum graminerarium.spesies penyakit ini berdampak busuk batangnya,tidak kuat tumbuh,cara menanganinya adalah dengan cara varietas tahan, drainase yang baik.

  • Karat daun (puccinia polysora)
sesuai namanya penyakit ini menyerang pada bagian daun, penyakit ini disebabkan oleh cendawan puccinia polysora. adapun gejalanya antara lain: terdapat bercak” pada permukaan atas dan bawah daun yang berbentuk oval.penularan penyakit bisa melalui angin dan air.penyakit  ini sering terjadi pada musim penghujan karena kelembaban udara meningkat. Penanganannya bisa dilakukan dengan cara menanam varietas tahan karat,memusnahkan pohon yang sudah terinfeksi penyakit,penyemprotan fungisida menggunakan bahan aktif benomil.dan lihat cara pemakaianya di kemasan.

  • Bercak daun (bipolaris maydissyn)
Menyerang pada bagian daun,ada 2 jenis ras yaitu ras T dan ras O  bercak berwarna coklat kemerahan sedangkan ras T terdapat pada seluruh bagian pohon jagung(mencangkup semuanya), yang sangat berbaya pada 2 ras ini yaitu ras T.karena dapt menyebabkan pohon menjadi layu dan lama-lama mati(dalam waktu 3 sampai 4 mingguan) setelah ditanam,gejalanya antara lain:bercak berwarna kekuningan kemudian coklat kemerah-merahan. penyakit ini dapt disebabkan oleh angin dan air. cara menanganinya dengan cara memusnahkan tanaman yang terinfeksi penyakit,menanam varietas tahan penyakit, penyemprotan fungisida menggunakan zat aktif karbendazim.

  • Virus mosaik
Gejala Penyakit virus mosaik ini daunnya seperti gejala pada penyakit bulai daunnya bergaris-garis kuning dan bersebuk spora kalo dipegang tak krasa ada serbuknya dan tanamanya berukuran kerdil.cara penularannya melalui media hewan/serangga(rhopalopsiphum maydiss dan myzus percicae.cara penanganannya dengan cara : memusnahakan tanaman jagung yang terkena virus(mencabut pohon jagung),jangan melakukan penanaman jagung pada lahan yang sama, lakukan penyemprotan dengan
pestisida, agrimec, bamex dan numectin, lakukan penyemprotan secara merata. memilih benih yang tidak terinfeksi virus(sehat).

Demikian artikel saya tentang cara mangetasi penyakit pada jagung mudah semoga bermanfaat
Selamat mencoba salam petani lampung

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon