Kamis, 24 November 2016

cara mencangkok tanaman pepaya dengan mudah

cara mencangkok tanaman pepaya dengan mudah
cara mencangkok pohon pepaya sukses
petanilampung.com sebelumnya saya sudah menjelaskan cara membuat papaya berbuah lebat, kali ini saya akan menjelaskan cara mencangkok tanaman papaya. menanam suatu tanaman kususnya papaya tentu saja kita bisa membuatnya menjadi pedek dan berbuah lebat supaya gampang memanennya dengan cara mencangkoknya, tanaman pepaya bisa tumbuh pendek berbuah lebat bila dilakukannya perawatan-perawatan melalui proses pencangkokan, kekurangan dalm mencangkok yaitu kita hanya bisa mencangkok 1 pohon 1 cangkokan karena pohon pepaya tidak seperti pohon lainya yang mempunyai banyak cabang, dan kita harus menunggunya lagi untuk tumbuh dan berbuah. bagi anda yang belom tau caranya mencangkok tanaman pepaya agar pendek dan berbuah lebat mari simak penjelasan dari saya :

  • Memilih batang yang akan dicangkok
cara mencangkok tanaman pepaya dengan mudah

Memilihnya harus pohon papaya yang sudah berbuah dan memiliki kualitas buah yang bagus agar hasil cangkokannya bagus dan pohonnya sehat. Kita mencangkoknya pada bagian batang utama pohon papaya. Sebelomnya kita sudah mempersiapkan cabang –cabang yang akan kita cangkok, pencangkokan bisa dengan cara penyayatan dan peretakan cabang. 

- Pecangkokan sayatan
cara mencangkok tanaman pepaya dengan mudah
mencangkok tanaman pepaya dengan sayatan
Dalam pencangkokan model ini kita membelahnya dengan tinggi dari tanah 30cm dan membelahnya lewat samping kemudian Tarik menengah keatas  sampai panjang 5- 8 cm. kemudian ganjal dengan kayu atu lainnya.kemudian siapkan tanah yang telah dicampur pupuk kandang sedikit saja supaya batang tidak membusuk setelah itu sayatan kita bungkus dengan media tanah tersebut dan terakhir  bungkus dengan plastik atau sepet lalu ikt dengan tali. Beri lubang lubang agar air bisa masuk atau keluar, setelah selesai lakukan penyiraman 2hari sekali.

Baca juga : cara menanam pepaya yang perlu diperhatikan

- Pencangkokan retakan
Dlam pencangkokan model ini pilih cabang yang akan dicangkok,kemudian bengkokan pangkal  cabangnya kekanan dan kekiri hingga retak jangan sampai patah.setelah itu bungkus media yang sama dengan pencangkokan sayatan diatas tadi.supaya terhindar cabang patah dari terpaan angin dan air hujan sebaiknya kita lakukan penyanggahan /penggapokan dengan kayu /pring.akr akan muncul pada usia cangkok 2minggu.setelah berakar kita potong dan tanam dilahan yang sudah disediakan.

Dengan melakukan cara diatas dengan benar, mudah-mudahan  pencakokan yang anda buat berhasil.demikian artikel saya tentang cara mencangkok tanaman pepaya california semoga bermanfaat salam petani lampung.

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon