Minggu, 27 November 2016

cara mencangkok tanaman anggur lengkap

cara mencangkok tanaman anggur lengkap
cara mencngkok tanaman anggur bagus
petanilampung.com sebelumnya saya sudah membuat artikel cara menanam anggur. Anggur adalah jenis tanaman yang tumbuhnya merambat. Tanaman anggur sudah banyak dibudidayakan oleh petani, karena  harga jualnya yang cukup terbilang mahal menjadi salah atu penghasil tambahan untuk petani anggur. Menanam anggur dapat dilakukan dari bijinya langsung maupun dicangkok. Lebih sering petani mananam anggur dengan cara pencakokan, karena dapat hidup 99%. Berikut cara pencakokannya:

Lakukan pemilihan ranting yang terbilang bagus,yang memiliki warna kecoklatan, besar ranting seperti jari tengah, lurus, kemudian kupas kulitnya dengan panjang 3-4 cm gunanya untuk dikasih media tanah. bersihkan lendirnya sampai bersih,tunggu sampai kering kemudian balut dengan media tanah yang sudah dicampur sekam (bisa juga kita menggunakan sepet/kulit kelapa),kemudian bungkus dengan plastic dan ikat dengan tali.

Baca juga :cara mencangkok tanaman pepaya

Lakukan penyiraman 2 hari sekali selama 2 minggu akan mulai tumbuh akarnya. Kemudian 15 hari kemudian atau usia cangkokan 1 bulan barulah cangkokan bisa kita pindahkan ke dalam polybag,karena dalam usia 1 bulan akarnya sudah banyak yang tumbuh,cara memindahkannya potong bagian bawah cangkokan boleh kita membuka plastiknya saja ,gg dibuka juga gapapa, tanam sedalam 30 cm denga menggunakan media tanam ,tanah dicampur dengan pupuk kandang.lakukan penyiraman sampai tanaman yang tumbuh subur dan menghasilkan akar yang banyak lagi dan kuat kira kira 3 mingguan. Kemudian bisa kita pindahkan kepot/lahan.

Selaman 2 minggu pemindahan dalam pot lakukan penyiraman setiap harinya pada sore hari ,dan batang /ranting sudah tumbuh merambat siapkan tempat untuk perambatannya ,bisa kita rambatkan di pagar halaman,bisa juga kepohon lainnya.setelah itu lakukan perawatan seperti memotong rantingnya dll.

Demikian artikel saya tentang cara mencangkok tanaman anggur sukses ,tidak terlalu rumit rumit amat ya, hampir seperti mencangkok pada tanaman lainnya, semoga bermanfaat salam petani lampung

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon