cara menanam timun lengkap

cara menanam timun lengkap

cara menanam timun pemula
petanilampung.com ahaii masih berkunjumg keblog saya,pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial/cara menanam timun, sebelumnya saya sudah membuat artikel cara pengendalian penyakit pada timun. pertama kita harus tau terlebih dahulu apa itu timun,timun (cucumis sativus L) adalah jenis tumbuhan seperti labu-labuan yang dpaat hidup dengan ketinggian 1500 dpl, tanaman ini berumur lama, berdaun hijau ,hidup menjalar, buahnya mempunyai kadar air yang tinggi .buah timun dpat dijadikn lalapan atau hidangan terakhir sebagai cuci mulut,dapat menurunkan darah tinggi. Diindonesia sudah banyak yang membudidayakan timun, berikut cara menanam timun :
benih

Persiapan bibit mentimun
Terlebih dahulu lakukan persiapan bibit,dengan pemilihan bibit yang berkualitas bisa kita beli toko pertanian terdekat atau kita bias membuatnya sendiri,pilih mentimun yang sudah tua/masak lalu belah mentimun ambil isi kemudian bersihakan dan jemur sampai benar2 kering.

Persiapan lahan
Kemudian siapkan lahan lakukan penggemburan dengan cara mencangkul/dibajak .pada penggemburan tanah sebaiknya lakukan pemupukan kompos/kandang supaya tanah subur dan tercampur dengan sempurna,kemudian buat bedengan dengan ukuran L= 1-2meter panjang sesuai lahan.jarak bedengan 70-90cm,dan buat drainase dengan kedalaman 50 cm,gunanya untuk membuang air  yang berlebihan.kemudian bedengan kita tutup dengan plastic/mulsa gunanya untuk menjaga kelembaban dan guma tidak bias tumbuh.

Penanaman bibit mentimun
Tahap penanaman menggunakan alat toge yaitu untuk melubangi tanah,tanah dilubangi dengan dalam 5cm dengan jarak 40-50cm,kemudian masukan biji yang sudah siap tanam kedalam lubang kemudian tutup kembali dengan tanah.

baca juga ini : jenis - jenis timun yang belom banyak orang ketahui

Perawatan mentimun
Agar hasilnya bagus tanaman timun perlu dilakukannya perawatan ,dengan melakukannya penyiangan , pengairan, penyemprotan.
Penyianagn dilakaukan dengan mencabut rumput yang ada disekitar pohon timun
Pengairan dilakukan ketika kelembaban berkurang ,lakukan pengairan sehari 2 kali secara rutin,biar tidak layu
Penyemprotan dilakukan jika terdapat penyakit /hama yang menyerang tanaman timun dengan menggunakan zat aktif pestisida,natural BVR/pestona

Pemupukan
Pemupukan dapat dilakukan setelah usia tanam 10 hari dengan menggunakan urea 1000 kg/ha, npk 200kg/ha, kci 100kg/ha,insektisida 3litet/ha, fungisida   4kg/ha.lakukan pemupukan dengan cara menaruh 200gr pupuk disamping pohon,lakukan secara merata.

Panen dan pasca panen
Panen biasanya dilakukan pada umur 70 harian  dan sekali penanaman biasanya mencapai 20 x panen.panen dilakukan dengan cara dipetik atau menggunakan alat potong dan petik buaah/timun yang siap dipanen,panen dilakukan 3hari sekali,setelah dipanen lakukan pembersihan dan kemas dengan hati-hati.

demikian artikel tentang cara menanam timun dengan mudah , semoga bermanfaat.salam petani lampung

0 Response to "cara menanam timun lengkap"

Posting Komentar