Sabtu, 26 November 2016

cara menanam sawi dalam polybag lengkap


cara tanam sawi dalam polybad lengkap
cara menanam sawi pemula
petanilampung.com Ahaiii masih berkunjung keblok saya lagi kali ini saya akan membagikan cara menanam sawi kedalam polybad,sebelumnya saya suudah membuat jenis jenis sawi di indonesia. Membudidayakan tanaman itu memang menyenangkan selain mencegah tanaman tidak punah dan bisa digunakan untuk masakan sendiri, sawi memang sudah dekat rakyat Indonesia dengan rasanya yang enak dan dapat dijadikan bahan masakan dan juga ni terdapat kandungan vitamin k yaitu bagus untuk tulang kita. Sawi adalah tumbuhan yang mudah kita tanam, cara menanamnya dapat dilakukan disawah dikebun bahkan kita bisa menanamnya dipolybad lo, tentu saja menanam sawi didalam polybad dapat menghemat lahan .tentunya anda tertarik menanam sawi kedalam polybad kan, berikut saya akan jelaskankan cara menanam sawi dalam polybad :
- Persiapan bibit
Bibit adalah salah satu factor yang dapat menentukan pertumbuhan dan tahan terhadap penyakit.pemilihan bibit dilakukan dengan telti, pilih bibit yang bagus/berkualitas, atau membeli bibit ditoko pertanian pilih bibit yang tahan cocok pada cuaca dan pilih  bibit dilihat tanggal kadarluarsanya,jangan membeli bibit yang jelek karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas tanamannya.

- Penyemaian bibit
Setelah benih yang sudah dibeli kita lakukan penyemain dengan cara bisa dilakukan di atas tanah langsung atau didalam bak, penyemaian diatas tanah langsung dapt dilakukan dengan cara : ukur tanah lebar 1meter panjang sesuai benih yang mau kita tanam. Lakukan penggemburan dengan cara dicangkul setelah itu lakukan perataan kemudian diatas tanahnya dikasih pupuk kandang.kemudian sebarbenih diatas tanah yang kita sudah buat.dan diatasnya kita bisa kasih batang pelepah kelapa sebagai penghalang hewan tidak bisa merusaknya.
Lakukan penyiram sehari 2 kali yaitu pada pagi hari dan sore hari lama penyemain dapat menelan waktu 3 sampai 4 minggu.

Baca juga : hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman

- Penanaman sawi
Penanaman sawi dapat dilakukan ketika usia sawi 3-4 mingguan atau sawi sudah memiliki daun 3 atau 4 helai.barulah dapat dipindah kepolybad, sebelumnya anda harus menyiapkan dahulu polybad yang sudah diisi tanah.caranya siapkan pupuk kandang dan tanah kemudian campurkan keduanya hingga tercampur sempurna. setelah itu masukan tanah yang telah dicampur pupuk kandang kedalam polybad hingga padat. barulah anda memasukan bibit sawi yang sudah siap tanam ke dalam polybad, dengan hati-hati agar tanaman tidak rusak.lakukan pemindahan pada waktu sore hari. tempatkan polybad yang terkena cahaya matahari supaya daunnya tidak busuk, lakukan penyiraman secara ruti agat tetap terjaga kelembabannya  dan segar

- Panen
Dalam melakukan panen bisa dilakukan pada umur 45 sampai 50 harian ,pemanenan dapat dilakukan dengan cara mencabutnya, atau jika anda ingin melakukan  pemanenan dengan tidak cara dicabut/menyisahkan anda bisa lakkan dengan cara memotong bagian daunnya.

Demikian panduan cara menanam sawi ,semoga bermanfaat, selamat mencoba salam petani lampung

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon