cara menanam kangkung panen berlipat


cara menanam kangkung panen berlipat
cara menanam kangkung sukses
petanilampung.com selamat berkunjung keblog saya, anda akan mengetahui cara- cara menanam kangkung sebelumnya saya sudah membuat artikel tentang cara pengendalian penyakit bayam. Kangkung(ipomeas p)merupakan tanaman yang tergolong mudah beradaptasi,tanaman ini berasal dari india ,kangkung salah satu tanaman sayur – sayuran ,tanamn ini banyak dibudidayakn di inndonesia, ada dua tipe kangkung yaitu kangkung darat dan kangkung air:
  • Kangkung darat

Pada kangkung darat ,biasanya ditanam dikebun,tidak memerlukan air banyak,daun berwarna hijau, daun tipis dan lunak, batang lebih kecil dibandingkan kangkung air,berbunga,tanaman ini memerlukan perawatan kusus.
  • Kangkung air

Pada kangkung air sering petani menanam di tempat yang  banyak air,didekat rawa –rawa,disawah, dikali maupun dikolam,memiliki ciri –ciri : berdaun lebar , daun berwarna hijau tua, batangnya besar, berbunga.
Menanam kangkung hampir sama dengan menanam bayam cabut,Berikut cara menanam kangkung yang benar dan tepat :
-bibit
terlebih dahulu siapkan benihny dengan 2 cara yaitu pembibitan kangkung dengan system stek batang  dengan cara ditancapkan ditanah, cara ke 2 yaitu  cara generatife/pembibitan dengan cara menanam biji kangkung yang sudh kita buat /kita beli ditoko pertanian.
-Persiapan lahan
Pada persiapan lahan,harus dilakukan penggemburan tanah,dengan dilakukan pencangkulan/dibajak .pada penggemburan tanah sebaiknya lakukan pemupukan kompos/kandang supaya tanah suburdan tercampur dengan sempurna,kemudian buat bedengan dengan ukuran L = 1-2 meter, panjang sesuai lahan, T = 50 m,buat saluran drainase gunanya untuk pembuangan air supaya taman kangkung tidak terendam air dengan kedalaman 30 cm.


-Penanaman kangkung
cara menanam kangkung panen berlipat

penanaman pada lahan terlebih lakukan pembuatan lubang dengan menggnakan tunggal sedalam 5cm jarak 15x15cm.setelah selesai pembuatan lubang benih  yang sudah siap kita lakukan penyebaran dengan cara masukan biji kelubang ,satu lubang 2-4 biji kemudian tutup dengan tanah lagi.lakukan sampai selesai.sebaiknya penanam dilakukan pada waktu musim penghujan tiba,dan waktu penanaman dilakukan pada sore hari
-penyulaman
penyulaman dilakukan ketika ada bibit yang tidak tumbuh/mati,dengan cara menanami lagi benih yang baru

-perawatan kangkung
perawatan kangkung perlu dilakukan supaya tanaman tumbuh subur berdaun lebat, dan melalui beberapa tahap yaitu: penyiangan,pemupukan,pengairan.

-Penyiangan
Pada tanaman perlu dilakukan penyiangan gunanya untuk menghilangkan gulam/rumput yang mengganggu pertumbuhan tanaman kangkung,dengan cara dicabut dengan tangan.lakukan 10 hari sekali.

baca juga ini : budidaya sawi lengkap

-Pemupukan
Pemupukan dilakukan setelah usia tanam 10 hari dan  dalam sekali panen hanya 1x, dengan menggunakan pupuk urea 15 kg/meter dilarutkan kedalam air dan disiramkan ditanaman.

-Penyiraman
Penyiraman dilakukan jika kelembaban berkurang/tanah kering,supaya kelembaban stabil,lakukan penyiramn sehari 2x.

-Panen dan pasca panen
Kangkung dapat dipanen pada umur25-30 hari dengan cara dicabut atau dengan cara pemotongan ,lebih baik memanenya dengan cara dipotong dengn menggunakn alat pemotong,supaya panennya tidak sekali panen,dapat berulang ulang.

Demikian artikel saya tetang cara menanam kangkung unggul , semoga bermanfaat bagi anda salam sukses  .

0 Response to "cara menanam kangkung panen berlipat"

Posting Komentar