Selasa, 22 November 2016

cara menanam duku lengkap

Cara Bertanam Pohon Duku Unggul
cara menanam duku lengkap
cara menanam duku lengkap
petanilampung.com ahaaii masih berkunjung keblog saya disini anda akan mengetahui cara menanan duku,pada artikel saya sebelumnya saya sudah membuat hal yang mempengaruhi pertumbuha danproduktivitas tanamanDuku adalah tanaman yang berbuah musiman ,yang setaun bisa berbuah 1 sampai dua kali,duku berasal dari Malaysia tahiland dan indonesia, sekarang duku sudah tumbuh diseluruh benua asia. Tanman duku memiliki tinggi 5 smapai 10 meter dan memiliki banyak cabang, sedangkan buah duku memiliki bentuk agak bulat, dan didalamnya memiliki 3 biji atau lebih, dan biji tersebut diselimuti aril berdaging,kulitnya berwarna coklat kekuningan,daunnya menyirip, duku mengandung vitamin c. Di Indonesia duku sudah banyak yang membudidayakannya karean dengan rasanya yang manis dan tanaman duku mampu berbuad sangat lebat.ada tiga jenis duku yaitu duku metesih, duku kemering dan duku condet. berikut cara menanam duku :


CARA MENANAM DUKU SECARA LENGKAP

  • Pembibitan

Pemilihan bibit duku harus yang benar, pilih bibit duku yang pohon/induknya memiliki buah yang bagus dan buahnya terasa manis dantahan terhadap serangan hama dan penyakit. bersihkan biji dengan menghilangkan lendir yang menempel dan cuci dengan air.  Kemudian keringkan biji dengan menjemur dibawah trik cahaya matari hingga kering. kemudian siapkan polydad yang berisi tanah dan sudah tercampur pupuk kompos atau bisa penyebaran benih dilakukan diatas tanah langsung tanpa menggunakan polybad, polybad yang sudah terisi tanah dan campuran pupuk kandang kemudian biji yang sudah disediakan untuk ditanam kita masukan kedalam polybad, dalam polybad masukan biji cukup 1 biji saja, kemudian lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore hari.

  • Penanaman duku

Penanaman duku kita terlebih dahulu menyiapkan lahan atau pengolahan lahan dengan cara kita harus membuat lubang sedalam 20 -50 cm kemudian disekitar lubang tersebut kita gemburkan dengan cangkul dan campurkan pupuk kandang/tahiayam dan basahi dengan air, dan masukan bibit yang sudah siap tanam atu sudah berdaun 2 sapai 4 helai, bila menanam duku banyak kita harus membuat jarak dengan ukuran 9 x 10 meter, karena tanaman duku dapat tumbuh besar dan rimbun.

baca juga yang ini : jenis jenis pepaya yang belum bayak orang ketahui

  • Perawatan tanaman duku

Perawatan duku memerlukan beberapa proses yaitu penyulaman, penyiraman,  penyianagan, pemupukan, penyemprotan.
Penyulaman dilakukan jika ada tumuhan yang mati/rusak dn ganti bibit yang baru. Penyiraman pada tnaman duku yang baru ditanam dilahan harus dilakukan secara berkala agar tanaman tidak mati/layu pada saat dilakukan penyiraman lakukan juga penyiangan. penyiangan adalah proses pembersihan gulma yang terdapat disekitar tanaman degan cara dicabut atau didangir. Pemupukan dpat dilakukan setelah usia tanaman 2 minggu.penyemprotan dilakukan supaya tanamn terhindar dari hama dan penyakit dengan melakukan penyemprotan fungisida zat aktit pestisida.

  • Panen dan pasca panen

Ciri ciri duku yang siap panen, buah duku sudah berwarna kekuningan, atau buah duku sudah mulai berjatuhan dari pohonnya, pemanenan duku dapat dilakukan degan cara memotong tandan duku atau lakukan pemetikan.

Demikian pada artikel saya tentang cara menanam duku dengan benar semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya, salam petani lampung.

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon