Kamis, 10 November 2016

cara menanam bayam lengkap



cara menanam bayam lengkap
cara menanam bayam mudah
petanilampung.com baik masih berkunjumg keblog saya,pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial/cara menanam bayam, sebelumnya saya sudah membuat artikel jenis-jenis bayam. pertama kita harus tau terlebih dahulu apa itu bayam,bayam (amaranthus spp) adalah jenis tumbuhan sayur-sayuran hijau,asal tumbuhan bayam yaitu dari amerika tropik. Tumbuhan ini mempunyai zat besi  dan protein,dipercaya membangkitkan stamina.tanaman bayam ini sudah tumbuh dibelahan dunia,karena pertumbhan bayam mudah tidak melakukan proses- proses yang sulit.bayam dikenal dengan dua jenis : bayam petik dan bayam cabut memiliki ciri-ciri, warnanya hijau mudah,,ukuranya lebih kecil dibandingkan bayam petik,bayam cabut ini memiliki usia 20-25 hari dan melakukan satu kali panen sedangkan bayam petik memilki ciri-ciri :pohonnya dapat tumbuh 2 meteran,berdaun lebar,pemanenannya lebih dari satu kali memiliki umur yang panjang dibandingkan bayam cabut.berikt cara menanam bayam cabut :

- Benih bayam
Langkah pertama siapkan bibit  bayam,Dengan membelinya ditoko pertanian atau mengumpulkan biji yang sudah tua dari poho bayam kemudian keringkan/jemur sampai kering,cara lain dengan sisah potongan batang bayam yang  masih ada akarnya juga bisa kita tanam.

- pengolahan lahan
Besihkan gulma/rerumputan yang ada dilahan.Lakukan penggemburan tanaman terlebih dahulu dengan cara di cangkul atau dibajak dengan kedalam 20cm – 25cm pada saat penggemburan taburkan pupuk organik terlebih dahulu tujuannya supaya tercampur merata,kemudian ratakan tanah tersebut .proses selanjutnya buat bedengan dengan ukuran 150 cm – 190cm,buat drainase dengan ukuran kedalaman 25cm.

- Penaburan benih
Benih yang sudah siap ditaburkan/yang dikeringkan tadi.kitad taburkan kelahan dengan cara memasukan lubang 2 biji/lubang dan tutup kembalii dengan tanah lakukan merata.


- Perawatan bayam
Lakukan penyiraman benih bayam yang kita tabur tadi supaya terjaga kelembabbannya dan tumbuh dengan subur.lakukan penyiangan jika diarea lahan terdapat gulma/rumput agar tidak menghambat pertumbuhan. Pada tanaman bayam sering kali penyakit datang ketika musim kemarau atau penghujan,jenis-jenis pnyakitnya: kutu daun, busuk basah, ulat daun, tungau dan karat putih .cara pengendaliannya saat memilih bibit dengan berkualitas bagus/sehat.

- Panen dan pasca panen
Panen dilakukan ketika umur 20 hari dengan cara pencabutan,karena bayam cabut hanya satu kali panen.setelah itu kita cuci bayam yang kita panen dengan air bersih.

Demikan artikel saya tentang cara menanam bayam cabut sukses semoga bermanfaat bagi anda, salam sukses petani lampung.

berkomentar dengan sopan dan bijak karena komentar adalah salah satu ciri khas dari dirimu sendiri, WARNING jangan masukan link aktif !
EmoticonEmoticon